Dari Lomba Film Hingga ENJ Siap Membanggakan SMANSA

Rama, Kamal, dan Firda berfoto bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Satria Smansa tak henti-hentinya membanggakan nama SMA N 1 Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, bahkan Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh Alif Kamal Jauhari (XI MIPA 4), Firda Azizah Ahmad (XI MIPA 1), dan Muhammad Raihan Aditama (XI IPS 1) yang berhasil berangkat ke Jepang dalam rangka kegiatan Jenesys Children Festival 2017 di Jepang. Kegiatan ini diadakan oleh pemerintah Jepang yang kemudian dibantu oleh Kedubes Jepang yang tersebar di Asia Pasifik untuk memilih tim yang akan dikirimkan ke Jepang dengan media film.

Tim dari Smansa berhasil lolos seleksi bersama 2 tim lainnya untuk mewakili Indonesia dalam acara Jenesys Children Film Festival. Kegiatan tersebut berlangsung selama 9 hari di Kota Tokyo dan Hokkaido. Karena kegiatan ini basicnya pertukaran pelajar, disana mereka akan diajak melihat budaya-budaya Jepang di Kota Tokyo, mengeksplor Kota Kitami di Hokkaido, dan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Jepang. Harapan mereka setelah mengikuti kegiatan itu, “Mendapat teman baru dari kancah Internasional, menginspirasi adik-adik kelas, dan tentunya agar mendapatkan pengalaman berharga yang tidak bisa didapatkan dimanapun,” Kata Firda. Begitu pula dengan Rama yang berharap bisa membawa nama SMA N 1 Wonosobo dan Provinsi Jawa Tengah ke kancah dunia, serta memproosikan sekaligus membanggakan nama Indonesia.

Tak hanya mereka bertiga  yang membanggakan nama SMA N 1 Wonosobo, Rainaldi Naufal Abiyyu (XI IPS 1) juga turut mengharumkan nama SMA N 1 Wonosobo dengan ditunjuk langsung oleh Provinsi untuk mewakili Jawa Tengah dalam kegiatan ENJ (Ekspedisi Nusantara Jaya) 2017. Ekspedisi Nusantara Jaya merupakan suatu program revolusi mental yang diadakan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman untuk melakukan aksi nyata menuju poros maritim dunia. Melalui ENJ, generasi muda diajak untuk berperan serta meningkatkan jiwa kemaritiman dengan mengunjungi pulau-pulau terdepan di seluruh wilayah NKRI. Pesertanya sekitar 1.000 mahasiswa dan 68 pelajar. Rainaldi berangkat pada hari Kamis, tanggal 16 November 2017 ke Dinas Provinsi terlebih dahulu untuk pamitan, dan kembali lagi pada pukul 15 Desember2017. Peserta yag mengikuti ENJ  akan diajari cara menggunakan navigasi serta cara berkomunikasi di kapal. Mereka pastinya akan berkeliling dari Jakarta, Batam, Belawa, sampai ujung barat Indonesia. Akan ada pertunjukkan tari yang dipersembahkan kepada Presiden Jokowi di Sail Sabang, city tour di tempat-tempat wisata, dan makan malam bersama dengan perwakilan siswa-siswi dari beberapa tempat, begitu yang disampaikan oleh Rainaldi mengenai agenda yang akan dilaksanakan saat ENJ. Harapan Rainaldi setelah mengikuti kegiatan tersebut yaitu agar mendapat pengalaman baru, mengerti tentang pelayaran, bisa mengenal lebih tentang kemaritiman, dan mengetahui pelabuhan-pelabuhan di Indonesia.
Dari Lomba Film Hingga ENJ Siap Membanggakan SMANSA Dari Lomba Film Hingga ENJ Siap Membanggakan SMANSA Reviewed by syahida on 2:25 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.